Sumber
Mandiri Teknik merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa perbaikan
mesin pendingin serta pengadaan spareparts pendingin, seperti showcase, frezer,
dispenser, serta Blast freezer. Sumber Mandiri Teknik didirikan pada Bulan Juli
tahun 2009 yang beralamat di Jalan Mayjend Sutoyo No. 204 Wiradesa, Pekalongan.
Adapun kontak person kami yaitu 085 225 844 584. Di tahun 2013 ini kami telah
menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan besar yang secara khusus untuk
menghandle kerusakan unit pendingin mereka. Perusahaan –perusahaan tersebut
antara lain, PT Sinar Sosro, PT Campina Ice Cream Industri, PT Sanden Intercool
Indonesia, PT Tirta Investama, PT Unilever Pure It, dan PT Indomarco
Prismatama.
Adapun
lingkup wilayah pekerjaan kami adalah sebagai berikut:
-
PT
Sinar Sosro; kami diberi kepercayaan untuk menangani tiga kantor
penjualan, yaitu KP Kendal, KP Pekalongan, dan KP Tegal.
-
PT Campina Ice Cream Industri; kami
menghandle untuk lingkup area KP Pemalang.
-
PT Sanden Intercool Indonesia; secara
khusus kami diberi tugas untuk menghandle unit garansi dari PT Sanden di area
Pantura Semarang sampai Tegal.
-
PT Tirta Investama; merupakan perusahaan
dari Produk minuman Air mineral Aqua, Mizone dll. Kami menghandle untuk wilayah
Pekalongan.
-
PT Unilever Pure It; secara khusus kami
menangani produk penjernih air Pure It dari Unilever di wilayah Pekalongan.
-
PT Indomarco Prismatama; merupakan
perusahaan induk dari Indomaret. Penanganan kami lakukan untuk unit pendingin
di seluruh toko Indomaret yang tersebar di Wilayah Pantura Kendal sampai Tegal.
Kami
telah memiliki standar pengerjaan, sparepart, peralatan, serta administrasi.
Laporan adanya kerusakan yang kami terima dari para pelangggan diatas dilakukan
via telepon dan email kepada kami.
Setelah
menerima laporan dari pelanggan tersebut yang biasanya (untuk sosro, sanden)
disertai dengan Surat Perintah Kerja.
Kemudian
dari laporan tersebut kami melakukan tindakan lebih lanjut, yaitu: Pengecekan
kerusakan unit yang disertai pengisian laporan kunjungan, penawaran, serta
perbaikannya.
Lembar
laporan kunjungan dipakai pada saat:
1. Kunjungan
karena ada order servis
2. Perbaikan
unit di Workshop
Adapun
pekerjaan tersebut lebih banyak kami lakukan perbaikannya langsung di tempat. Maka
dari itu diperlukan beberapa tahapan ketika akan melakukan perbaikan/kunjungan
di outlet, yaitu:
1.
Persiapan
a. Cek
alamat outlet dengan teliti, jika belum tahu tanyakan pada pihak perusahaan
pemberi order. Jika perlu telepon pelanggan tersebut untuk menanyakan alamat
dan posisi secara detail.
b. Pahami
jalan yang lebih dekat untuk mencapai tempat tujuan.
c. Cek
dahulu kelengkapan alat yang akan dibawa.
d. Bawa
kelengkapan administrasi, misalnya LPU (Lembar Pengerjaan Unit), Surat Jalan,
dan SPK.
e. Selalu
pakai pakaian yang rapi serta penampilan yang rapi.
f. Kendaraan
yang akan dipakai dalam keadaan baik.
2.
Peralatan
a. Tang
Ampere, tes pen
b. Obeng
+ dan –
c. Kuas
d. Tang
kombinasi dan tang potong
e. Kunci
inggris, kunci pas ukuran 12, 10, dan 7.
3.
Spareparts
Berikut spareparts yang
harus dibawa ketika melakukan pengecekan pertama kali:
a. Kabel
power
b. Relay,
PTC, Overload, Kapasitor Starting dan Kapasitor running
c. Motor
Fan 1300 rpm 10 Watt
d. Isolasi
listrik
e. Fan
kotak cooling
4.
Administrasi
Tahapan dalam melakukan
pekerjaan pengecekan
a. Perkenalkan
maksud dan tujuan kepada pelanggan
b. Tanyakan
apa keluhan atau kerusakan kepada pelanggan.
c. Periksa
kabel power dengan menggunakan tang ampere. Kemudian dari sinilah awal teknisi
dapat melakukan analisa kerusakan.
d. Periksa
tegangan listrik, tegangan listrik normal adalah 220 Volt. Jika tegangan listik
diketahui hanya 180 volt, maka segera beritahukan kepada pelanggan, agar
pelanggan lapor ke pihak PLN, supaya dilakukan perbaikannya.
e. Nyalakan
unit tersebut dengan mencolokan kabel power ke stop kontak.
f. Periksa
mulai dari arus listrik di mesin kompresor menggunakan tang ampere.
g. Periksa
semua komponen pada unit apakah berjalan normal, misalnya, fan kondensor, fan
evaporator, lampu dalam.
h. Tunggu
sampai unit berjalan sampai 10 menit, jika diketahui unit tidak dingin,
simpulkan apa kerusakannya serta segera lakukan perbaikannya jika saat itu
sudah dapat dikerjakan.
i.
Jika belum dapat dilakukan perbaikannya
karena misalnya belum adanya sparepart yang dibutuhkan, maka beritahu pelanggan
kapan akan diperbaiki.
j.
Isi laporan pengerjaan Unit sesuai
dengan yang telah dikerjakan serta mintakan tanda tangan pelanggan.
k. Kemasi
semua alat dan sparepart.
l.
Pastikan telah dilakukan pekerjaan
dengan baik.
Seorang
teknisi yang profesional dalam menyelesaikan pekerjaannya, tidak lagi
menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu yang tidak ada gunanya. Teknisi harus
fokus pada pekerjaan yang sedang dihadapi dan memastikan bahwa pekerjaannya telah
dilakukan dengan baik dan benar.
Pengecekan awal
-
Pastikan posisi thermostat On. Kemudian Cek
sumber listrik, serta kabel power menggunakan tang ampere.
-
Cek kelistrikan terlebih dahulu, kabel
power, fan, wiring kelistrikan.
Jika
ada yang bermasalah, ganti dengan sparepart yang baru. Sparepart yang sudah tua
atau tidak layak untuk pemakaian jangka panjang juga harus diganti.
Pengecekan II
-
Cek besarnya arus dari kompresor
-
Cek temperatur ruangan unit.
-
Cek kebocoran pada sambungan-sambungan
pipa, atau tempat lain yang diperkirakan dapat terjadi kebocoran, perhatikan
pipa yang berminyak. Pengecekan dapat dilakukan menggunakan air sabun.
-
Untuk lebih pasti potong pipa kapiler,
jika tidak ada freon yang keluar berarti bocor.
-
Cek kebocoran dapat dilakukan dengan
memasukan gas Nitrogen tekanan 100 Psi.
-
Misalnya diketahui ada kebocoran,
lakukan penanganannya sesuai prosedur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar