Rabu, 17 Desember 2014

Servis Showcase

Hari Rabu, 17 Desember 2014. Seperti biasa, sebagai rekanan PT Sinar Sosro saya bertugas untuk memperbaiki showcase nya yang rusak.
Kebetulan minggu ini ada 4 Job showcase yang harus saya kerjakan. Satu unit ada di outlet RS Bhakti Waluyo Pekalongan dan tiga unit di gudang Sosro KP. Pekalongan.
Saya datang pukul 11 di kantor dan segera melakukan pengecekan. Kemudian saya hidupkan showcase selama 15 menit. Hasilnya tidak dingin sama sekali. Setelah itu saya coba pegang kondensornya, ternyata tidak panas sama sekali.
Saya berkesimpulan unit ini bocor freonnya. Lantas saya potong pipa kapiler tersebut. Ternyata banyak freonnya.
Kemudian kesimpulan saya berubah yaitu sistem mengalami buntu di filter akibat kotor.
Singkat cerita saya bongkar sistem tersebut, saya bersihkan, saya las lagi dan tentunya ganti filter kemudian saya vakum selama setengah jam.
Setelah saya pastikan benar benar vakum lalu saya isi freon ke dalam sistem.
Saya coba selama beberapa menit namun masih kurang dingin dan angin di kipas kondensor hembusan ke belakang nya kurang kencang. Saya semprot kondensor siripnya pake semprotan pembersih kaca.
Hasilnya angin hembusannya ke belakang kencang dan tiba-tiba tekanan di manometer turun. Lalu saya tambah lagi freon sampai 12 psi.
Beberapa menit kemudian mulai dingin, tetapi tekanan naik sampai 20 psi.
Saya kurangi isi freonnya sampai 12 psi.
Tiga puluh menit kemudian dinginnya udah rata ke seluruh showcase.
Saya berkesimpulan bahwa kondensor yang kotor menyebabkan hembusan angin ke belakang tidak lancar,sehingga kompresor panas. Tekanannya tinggi walaupun sebenernya freonnya belum sesuai isinya. Inilah yang menyebabkan buntu di sistem refrigrasi.

Salam.

66 komentar:

  1. Informasi yang bermanfaat gan. Terima Kasih yaa :)

    Numpang promo nih.
    Untuk kalian pembaca yang sedang membutuhkan jasa untuk perbaikan, Bongkar pasang, Perawatan/cuci ac, kulkas, mesin cuci, dispenser, dan barang elektronik. kami juga melayani jual beli dan tukar tambah.

    Terima Kasih untuk informasinya :)

    cv anugerah teknik abadi merupakan Perusahaan yang telah lama bergerak dibidang jasa service ac, Cuci ac, Pasang ac, service Mesin cuci, service Kulkas, service showcase dan elektronik lainnya di daerah surabaya, Sidoarjo dan gresik sekitar.

    CV ATA sudah dikenal luas masyarakat jawa timur, Dikenal sebagai Jasa Service Panggilan dengan pekerjaan teknisi yang memuaskan dan bergaransi.

    BalasHapus
  2. gan mau nanya,cara buka fan motor showcase merk Aurora.
    terimakasih

    BalasHapus
  3. Gampang. Modal obeng plus saja gan.

    BalasHapus
  4. Gampang. Modal obeng plus saja gan.

    BalasHapus
  5. gan mau nanya ane punya showcase doff..kipasnya nyala trus gk mati2....suhu dingin...apa normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Normal pak.. memang ada beberapa type showcase yang kipasnya dirancang nyala terus..

      Hapus
  6. terimakasih informasinya sangat bermanfaat.
    numpang promo gan
    Service ac kulkas mesin cuci jatiwaringin
    Jakarta timur
    MITRA MANDIRI tehknik
    jasa service panggilan murah terpercaya
    profesional dan bergaransi.
    kami bergerak di bidang jasa service dan
    reparasi AC KULKAS MESIN CUCI berbagai macam merk dan kerusakan seperti;
    Ac tidak dingin
    Ac tidak nyala
    Ac eror
    Ac bocor air di indoor dll
    MESIN CUCI
    mesin tidak nyala
    mesin cuci eror
    pengering tidak nyala
    pencuci tidak mutar dll.
    KULKAS
    Kulkas tidak dingin
    Kulkas bocor freon
    Kulkas manpat saluran freon
    Kulkas tidak bisa jadi es dll
    HUBUNGI KAMI
    085776300078 , WhatsApp
    085102445360
    KUNJUNGI KAMI
    www.servicacyuk.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

  7. Pak,saya punya showcase merk SHARP tipe SCH-210PS. Mesinnya jadi tapi gak bisa dingin. Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila usia lama kemungkinan freon nya habis yang terletak pada kompresor

      Hapus

  8. Pak,saya punya showcase merk SHARP tipe SCH-210PS. Mesinnya jadi tapi gak bisa dingin. Makasih.

    BalasHapus
  9. Gan klo showcase nya gak dingin dan kipas nya tidak muter kira2 apa ya penyebab nya? Karna di samping bagian kanan showcae nya ada peringatan kedipan lampu berwarna merah dan ada tulisan low voltage. Terimakasih gan mohon bantuan nya.

    BalasHapus
  10. Mau tanya, barangkali ada yg bisa bantu jawab. Showcase Polytron mengeluarkan suara yg cukup mengganggu. Awalnya hanya berdecit kecil ketika kipas menyala. Terima kasih. ����

    BalasHapus
  11. Tolong kirimkan gambar letak ballast lampu showcase scn 181 gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan, ane ga pernah nyervis model itu. Tks.

      Hapus
  12. Tanya gan showcase saya di rak bagian bawah keluar air terus n sampai mengenang. Kira2 kenapa y gan?

    BalasHapus
  13. CARA PERBAIKI FAN ATAS SHOCASE POLYTRON GMNA Y BUKA GULUNGAN NYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kipas fan evaporator rusak ganti baru aja fan nya mas.
      Cara membuka biasanya pake obeng plus

      Hapus
  14. cara ganti ballast lampu showcase polytron korslet kebakar gimana gan?? tidak ada yg jual ballast showcase

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Tanya pak kalo showcase frigigate SC-A-200G kipasnya memang nyala terus ? atau otomatis hidup nyala ?? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kipas evaporator yang bagian dingin itu memmang ada yg dirancang untuk hidup terus.

      Hapus
  17. Bisa ngak gan tukar fan showcase yg 33 watt dengan yg 25 watt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja kalo bentuk nya sama.
      Tp nanti kecepatannya beda.

      Hapus
  18. Showcase saya merk sanken baru aja beli...ketika kipas berputar suaranya keras sekali lalu tiba2 berhenti nanti selang beberapa menit nyala lagi n tetap berisik
    Apa itu normal ya,utk pemasangan pertama & kondisi showcase masih kosong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak normal. Mohon dicek apakah itu kipasnya saja yang rusak.

      Hapus
  19. Mas punya saya showcase merek shrap..apa memang showcase normalnya bunyi?bunyinya biasa lembut ..apa semua showcase memang begitu?atau harusnya gak ada suara sama sekali ..makasih ..mohon dijawab

    BalasHapus
  20. Normal pak. Mgkin bunyi kompresor dan kipas

    BalasHapus
  21. Fan kondensor itu niup apa nyedot gan?? Ini showcase sanden 2 pintu yg mesinnya diatas gan
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus kompresor overload terus gan. Awalnya kipas fannya kebakar terus sy ganti, fan nyala Tp kompresor mati, apa sy masang fannya kebalik ya gan?? Yg benar nyedot apa niup ya

      Hapus
    2. Arah anginnya niup ke kompresor. Tujuannya supaya kompresor tidak twrlalu panas.

      Hapus
    3. Jadi putaranya ke kiri yh gan bukan se arah jarum jam,apa fan evap juga sama nyedot bukan niup

      Hapus
    4. Pak mau nanyak apakah kipas showvase it slalu hidup terus ya

      Hapus
  22. Mo nanya gan,showcase merk rsa pinggirannya banyak bunga es nya dan kipas nya kadang hidup kadang mati sendiri. Itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fan yang bagian atas (evaporator) memang ada yang sengaja di desain mati saat suhu dalam showcase dinginnya tercapai. Nanti hidup lagi beberapa menit kemudian.
      Jadi itu otomatis. Normal saja.
      Kalo bunga es tebal coba cabut saja selama 3 jam. Supaya cair.

      Hapus
  23. nanya gan.ada yg jual gak ya.. inventer ballast showcase polytron scp 117. thx

    BalasHapus
  24. Kipas bawah showcase itu arah anginnya kedalam(kebelakang) kearah mesinmesin keluar(kedepan) ya???

    BalasHapus

  25. Kipas bawah showcase itu arah anginnya kedalam(kebelakang) kearah mesin atau keluar(kedepan) ya???

    BalasHapus
  26. Mau tanya gan, untuk showcase yg kecil, apa bisa breakernya di ganti mcb? Soalnya breakernya sudah lemah, kalau showcase nya dicolokin ke listrik breaker yg ada di dekat tabung freon nya langsung ngetrip/ njeglek

    BalasHapus
  27. Gan apakah showcase merk frigigate itu kipasnya berisik bngt ya suaranya, mohon pencerahannya thank๐Ÿ™

    BalasHapus
  28. Mau tanya om ,ukuran HP overload showcase sharp sch-210ps
    Makasih

    BalasHapus
  29. Showcase polytron ga dingin. Kompresor terasa panas tp kalo diraba dinding luar bodynya ga kerasa hangat. Kipas nyala normal semua. Itu kenapa ya om?

    BalasHapus
  30. Gan, mau tanya kulkas saya merk sanyo tapi dibagian freezer kipas kadang2 mati sendiri itu normal tidak ya?? Jadi nggak dingin..

    BalasHapus
  31. Bg saya mau tanya. .
    Saya punya showcase merk haier..
    Tpi kipas tidak berhenti . ??
    Suhu normal dingin..

    BalasHapus
  32. Bg mw tanya saya punya showcase merk sharp tidak dingin dan kipas bawah tidak mau berputar..
    Apa harus ganti motor kipas nya atau ada yang lain yang buat kipas bawah nya tidak berputar..
    Trima kasih bg

    BalasHapus
  33. Gan tolong bantuanya,kipas fan bagian bawah showcase macet kalo di putar susah apakah bisa di perbaiki sendiri.trima ksh

    BalasHapus
  34. Misi gan ane mau nanya, ane punya showcase kurang begitu dingin. Kipas yang buat pendingin bagian atas masih bisa muter, tapi kipas yang bagian bawah ga mau muter sama sekali.jadi mengakibatkan kompresor panas juga seperti bau karet kebakar......itu solusinya ane harus gimana gan...

    BalasHapus
  35. Maaf gan mau tanya...Showcase sy merk polytron. Kipas bagian bawakhnya tdk berputar. Motor fannya sy sudah beli, tp ada keraguan sy yaitu:
    1.Motor Fan asli 25w, tp toko ksh 5/33 ( ktnya sama) apa benar?
    2. Apkh arah putaran kipasnya itu sebenarnya ke kiri atau kekanan? Mhn petunjuk. trmksh

    BalasHapus
  36. Gan mauvtanya showcase polytron kipas bawah berputar arah jarum jam apa kekiri?

    BalasHapus
  37. Gan kalaw showcase rsa kipas nya muter terus apa berhenti otomatis??

    BalasHapus
  38. Numpang tanya bossku.
    showcase saya kurang dingin. apa yang harus saya lakukan.

    BalasHapus
  39. Om,mau nanyak.kenapa kulkas show case saya merek poltron kalau sudah dingin mati kipas atas nya ya.apa memang begitu ?mohon om saran nya

    BalasHapus
  40. Om,mau nanyak.kenapa kulkas show case saya merek poltron kalau sudah dingin mati kipas atas nya ya.apa memang begitu ?mohon om saran nya

    BalasHapus
  41. gan letak kompresor sh case merk Aurora pin strat Snya says ganti ptc 4 kaki kok ada tulissn S dan M trmkssih

    BalasHapus
  42. gan mau tanya, klo showcase evapnya selalu berbunga es dan dinginnya kurang, itu apa penyebabnya ya gan. terimakasih

    BalasHapus
  43. padahal tekanan freon nya sesuai

    BalasHapus
  44. Saya mau tanya gan..
    Dulu saya beli showcase toshiba glacio kipas bawah mati saat kompresor mati dan akan hidup saat kompresor hidup..
    Nah kipas bawah mengalami kerusakan jadi saya ganti dengan yang baru dengan memanggil tukang service kulkas,
    Setelah di service kipas bawah menyala non stop 24 jam meski kompresor dalam keadaan mati, body showcase juga nyetrum meski kecil,
    Yang saya tanyakan apakah ada kesalahan saat pemasangan kabel sehingga kipas beroperasi secara terus menerus meski kompresor dalam keadaan mati,apa itu juga menyebabkan body showcase nyetrum?
    Mohon pencerahannya gan ๐Ÿ™

    BalasHapus
  45. Gan mau tanya saya beli showcase Gea kipas nya nyala trus...gak berhenti apa dia dirancang mang bgtu apa otomatisnya rusak terima kasih


    BalasHapus
  46. Ada air di pintu showcase RSA sy. Solusi dan cara ngilanginnya gmn pak?

    BalasHapus
  47. Mau tnya master, showcase saya jadi beku, penyebab.y apa ya..?

    BalasHapus